Mengenal Macam Macam Alat Tenun





1. Mengenal   Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM)
Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) merupakan alat untuk melakukan penenunan penenunan yang digerakkan oleh manusia. ATBM dapat dipergunakan sambil duduk di lantai maupun di atas bangku  (biasa pada industri tekstil kecil dan tradisional). 
ATBM yang digunakan dengan duduk dilantai (kiri); ATBM yang digunakan dengan duduk di bangku (kanan)
Pada tahun 1970 pemerintah memberi bantuan berupa Alat Tenun Mesin  (ATM) yang tidak membutuhkan penenun akibatnya harga kain lebih murah. Para penenun dan pengusaha tenun ATBM pun kolaps karena tidak bisa menyaingi harga kain ATM. Oleh karena daya saing yang tinggi dengan kain ATM serta sedikitnya penghasil dan pengelola kain tenun ATBM di Deli Serdang khususnya, maka menjadi peluang untuk membuka usaha tersebut dan juga merupakan usaha untuk melestarikan kebudayaan yang sudah mulai dilupakan masyarakat Deli Sedang. 

2.     Bagian-bagian Alat Tenun
Ada pun  bagian-bagian  dari Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) yaitu :
a.      Boom
Merupakan gulungan benang yang digunakan sebagai bahan baku untuk kain yang melintang (panjang kain/benang lungsi).
b.       Karap
                 Merupakan alat untuk mengatur benang, Terdiri atas 2 bagian, yaitu karap depan dan            karap  belakang.
c. Sisir
Sisir  merupakan alat untuk  menyisir dan memadatkan benang pakan supaya benang pakan menjadi rapat sehingga hasil tenunan juga rapat. Sisir digunakan berdasarkan ketebalan benang, semakin halus benang yang digunakan, maka nomor sisir yang digunakan juga semakin tinggi, Nomor sisir yang umum digunakan adalah sisir nomor 60,70 ataupun 80 inchi.

 

d. Injak-injak
Penggunaan ijnak-injak disesuaikan dengan letak teropong. Apabila teropong berada di sebelah kanan, maka injak-injak yang diinjak juga injak-injak yang sebelah kanan; begitu juga sebaliknya.

 
3.     Alat bantu Tenun
1.    Teropong/torak dan Palet/anak torak
Teropong/torak merupakan tempat untuk meletakkan palet. Palet/anak torak adalah gulungan benang yang digunakan sebagai bahan baku untuk benang yang membujur pada kain (lebar kain/benang pakan). Benang yang diisikan pada palet disesuaikan dengan benang yang digunakan pada boom. Misalnya benang yang digunakan pada boom adalah benang sutera, maka sebaiknya benang yang digunakan pada palet adalah benang katun. Apabila benang yang digunakan pada palet juga benang sutera, disamping akan menyulitkan penenun saat proses pengerjaan, kain yang dihasilkan juga terlalu licin dan berkilau. 
2.   Cuban
Cuban adalah alat bantu untuk menggulung benang yang digunakan untuk , alat bantu yang digunakan untuk membuat motif panjang pada kain tenun.
 

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...